MELIHAT POTENSI KEBERADAAN MEDIA CETAK 10 TAHUN MENDATANG

Sumber Gambar: Mas Dzikry
Seperti yang kita ketahui, dimana media digital semakin berkembang sejalan dengan era digitalisasi. Dengan adanya media digital yang semakin berkembang, membuat media cetak perlahan mulai hilang dan terlupakan. Keberadaan media cetak pada saat ini masih banyak sekali dan cukup stabil, walaupun kembali lagi harus mengikuti arus penetrasi digitalisasi yang semakin berkembang. Apakah 5 sampai 10 tahun mendatang media cetak masih ada? Kemungkinan masih ada, tetapi potensi keberadaannya akan sedikit tertutup dengan munculnya media digital.
Jika kita melihat dari segi penyebaran informasi yang jelas dan paten, media cetak menjadi media yang unggul dari segi penyebaran informasi. Karena apa? Yap betul, dalam media cetak sangat sedikit kita temui berita hoax atau berita yang tidak paten. Karena, media cetak tidak mudah untuk dibuat – buat seperti media digital. Itulah mengapa media cetak lebih unggul dari segi penyebaran informasi. Seperti yang kita ketahui, informasi yang terdapat di media digital saat ini sebagian besar adalah berita hoax yang tidak boleh diterima begitu saja tanpa dipertimbangkan dengan bijak.
Mengapa kita perlu melihat potensi media cetak untuk kedepannya? Karena seperti yang kita lihat belakangan ini, banyak sekali orang-orang yang memilih media internet daripada media cetak seperti koran. Sangat sedikit peminat koran semakin berkembangnya media digital terutama internet. Adapun faktor mengapa koran mulai meredup pada zaman sekarang, diantaranya :
- Penurunan jumlah pembaca menjadi salah satu faktor penyebab media cetak seperti koran meredup. Karena, saat ini sudah banyak orang yang beralih ke internet untuk mencari informasi atau berita.
- Hilangnya pendapatan yang signifikan. Hadirnya media digital seperti media online, menjadi pesaing kuat outlet media cetak. Banyak yang merasakan penurunan pendapatan akibat orang beralih kepada media digital.
- Jangkauan terbatas. Hal ini menjadi faktor utama dari redupnya media cetak seperti koran, mengapa seperti itu? Karena, jangkauan dari media cetak hanya kecil tidak seperti media online yang dapat menjangkau seluruh wilayah maupun dunia. Seperti yang kita tahu bahwa media cetak pun sangat sulit untuk cepat menanggapi berita terkini, tidak seperti media online.
Kita dapat melihat bagaimana potensi keberadaan media cetak 5 sampai 10 tahun kedepan. Hal ini dapat diantisipasi jika media cetak bisa memodifikasi dan memperbaiki produk yang sudah ada mengikuti perkembangan zaman. Inovasi dan strategi yang baik menjadi jalan untuk media cetak tetap berada di zaman yang akan datang.
Dari membaca penjelasan diatas, bagaimana tanggapan kalian dengan mulai redupnya media cetak? Kita harus tetap pertahankan media cetak jangan sampai redup.
(Farsya Luthfi Akbar – Tim Kreatif Unas TV)