Manajemen Waktu: Memanfaatkan Waktu Secara Efektif dan Efisien

Sumber Gambar: pexels.com
Kegiatan yang mengharuskan setiap orang menggunakan waktu terbatas selama 24 jam per harinya membuat banyak orang kelabakan, ada yang merasa cukup namun ada juga yang merasa kurang. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kurangnya kemampuan manajemen waktu.
Mungkin terlihat sepele, tapi manajemen waktu merupakan salah satu hal penting yang butuh perhatian khusus karena berisi perencanaan dan pembagian penggunaan waktu agar dapat digunakan secara efektif. Sebagian besar dari manajemen waktu berhubungan dengan pengetahuan kita dalam pembatasan waktu dalam bekerja dan istirahat. Mungkin kita sebagai mahasiswa yang dituntut untuk mengerjakan tugas, kadang dibarengi dengan kegiatan organisasi suka kewalahan dalam menetapkan batas dalam hal ini. Untuk lebih lanjutnya, simak hal-hal mengenai manajemen waktu yang perlu kamu ketahui di bawah ini.
1. Evaluasi
Luangkan sedikit waktu untuk mencatat waktu yang telah digunakan beserta agenda di dalamnya. Catat tujuan yang ingin dicapai setiap harinya, kemudian catat juga hambatan serta cara mengatasi hambatan tersebut agar dapat membantu menyederhanakan tujuan tersebut sehingga efisiensi waktu dapat terpenuhi.
2. Rencana dan Prioritas
Luangkan waktu untuk membuat skala prioritas mengenai aktivitas atau agenda yang akan dikerjakan beserta tujuan yang ingin dicapai. Hal ini guna mengetahui kepentingan sehingga kita akan tetap fokus mengerjakan satu agenda sebelum berpindah ke agenda lain.
3. Eliminasi Pencurian Waktu
Hindari hambatan yang dapat mengganggu produktivitas kamu dalam mengerjakan tugas. Jadwalkan waktu baik itu membaca e-mail, mengerjakan tugas yang ada dan bermain ponsel genggam.
4. Katakan Tidak
Dengan waktu 24 jam perhari yang dapat dibilang terbatas, kamu harus belajar untuk mengatakan tidak dengan cara yang sopan. Hal ini bukan hanya berlaku untuk menolak pekerjaan namun juga menolak ajakan aktivitas di luar agenda yang telah kamu susun sebelumnya.
5. Rehat
Hal terakhir yang harus kamu ketahui adalah tahu kapan untuk beristirahat. Jangan hanya mengatur agenda untuk mengerjakan keperluan, tapi kamu juga harus mengatur agenda istirahat. Waktu istirahat ini dapat kamu gunakan untuk bersantai, menjalankan hobi seperti berolahraga agar kamu tetap sehat dan bugar.
Kelebihan Dari Manajemen Waktu yang Baik
Mengelola waktu yang baik akan memungkinkan seseorang mendapatkan keuntungan dalam menggunakan waktu yang ada secara lebih efektif baik itu dalam kehidupan pribadi atau kehidupan profesional. Kelebihan lainnya dari manajemen waktu yang baik adalah :
- Menjadi Tepat waktu dan disiplin
- Menjadi lebih rapi atau terorganisir
- Mengurangi Stress
- Memberikan kesempatan untuk berkembang
(Nessie Nathan Goutama – UNAS TV)